Minggu, 29 April 2012

PELATIHAN MENULIS di FORUM LINGKAR PENA (FLP) KIDS BEKASI


          Akhirnya datang juga kesempatan manis itu buat saya. Betapa tidak, mengingat Mbak Suci yang sudah dua kali meminta saya mengisi pelatihan menulis untuk anak-anak di Forum Lingkar Pena (FLP) Bekasi, tapi saya tak pernah bisa memenuhinya. Alhamdulillah, tanggal 29 April 2012, saya baru bisa memenuhi undangan mereka untuk memberikan materi menulis untuk FLP Kids itu.
          Diiringi rintik hujan pagi, saya berangkat dengan semangat menuju kampus Universitas Islam ‘45 Bekasi. Saya tiba tepat pukul sepuluh pagi di sana. Sambil menunggu anak-anak datang, saya sempatkan untuk melihat materi yang akan saya sampaikan sekali lagi. Waktu pun terus bergerak dan pelatihan dimulai pukul 10.30 WIB. 


          Awalnya, saya mengira pelatihan akan berlangsung di dalam ruangan/kelas, tapi karena satu dan lain hal, kami akhirnya menggelar acara di pelataran mesjid Unisma. Powerpoint yang sudah saya siapkan, tetap saya gunakan meskipun tak memakai infocus. Hanya memakai laptop saja. Tak mengapa, asal anak-anak bisa paham dan enjoy, itu sudah sangat membuat saya nyaman.

           
           Setelah membuka salam dan perkenalan, materi tentang “Setting dan Latar Cerita” dari saya pun mengalir lancar. Selain menjelaskan tentang materi, saya juga menyelipkan permainan yang berkaitan dengan setting/latar tersebut.   
Pertama, saya menunjukkan sebuah gambar kepada mereka, dan meminta mereka menuliskan cerita sepanjang satu paragraf dari hasil pengamatan mereka terhadap gambar tersebut. Setelah mereka selesai menulis, saya meminta mereka membaca tulisannya. 


Subhanallah, ternyata mereka begitu cepat memahami apa yang barusan saya jelaskan. Satu paragaraf yang mereka tuliskan dari pengamatan terhadap gambar yang saya sajikan sangat mengesankan. Tak banyak koreksi yang saya temukan pada tulisan mereka. 
Hasil kerja mereka harus dihargai. Dan, saya buru-buru mengeluarkan “kantong ajaib” yang sudah saya persiapkan dari rumah.


 
Saya meminta mereka merogoh kantong ajaib berisi hadiah itu dan memilih sendiri hadianya tanpa boleh melihat isi kantong ajaibnya. Mereka tertawa ketika mengeluarkan tangannya dari kantong, ternyata hadiah yang mereka pilih bisa saja pulpen, penghapus atau rautan pensil.

Di ujung pelatihan, saya kembali menyajikan satu permainan lagi untuk mereka. Saya menempelkan beberapa kata di dinding, dan meminta mereka memilih serta menuliskan cerita dari kata-kata yang menggambarkan setting/latar cerita tersebut. Temanya tentang “sekolah”. Saya berikan waktu untuk menulis selama lima belas menit. 

Lagi-lagi hasilnya sangat memuaskan! Dan, saya pun tak segan-segan menambahkan hadiah untuk mereka, masing-masing satu buku bacaan anak karya saya.

Pelatihan yang hanya diikuti oleh lima orang anak (Hana, Ferdi, Lintang, Sekar, dan Chacha) itu tetap terasa ramai dan hidup. Tawa dan semangat mereka sudah memenuhi pikiran dan semangat saya.
Sesi akhir dari pelatihan rasanya tak lengkap jika tak ditutup dengan berfoto bersama.

 
Sebagai penutup, saya mengucapakan terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan oleh Suci, Tia, dan April (FLP Bekasi). Semoga di lain waktu, saya bisa lebih banyak berkontribusi.

***

6 komentar:

  1. Cool... They all look excited and enthusiastic :)

    BalasHapus
  2. Makasih, Ratih. Alhamdulillah, mereka semangat dan benar-benar menyimak, makanya ketika kuminta menulis, hasilnya juga memuaskan. :)

    BalasHapus
  3. Wah Thank u bunda Wyl, yang sudah menyempatkan untuk berbagi ilmu di Flp Bekasi..^_^

    BalasHapus
  4. Sama-sama Tya, ditunggu undangannya lagi ya. :)

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum , Bu

    apakah masih berlanjut kelas menulis untuk anaknya..?

    mohon informasinya

    terima kasih
    wassalammualaikum

    BalasHapus
  6. kartika amalia s23 Juni 2016 20.52

    assalamualaikum ibu,saya kartika saya gemar menulis juga,tapi saya berumur limabelas tahun apakah saya boleh mengikuti FLP KIDS dan kalo boleh tau dimana ya bu lokasinya

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...