Selasa, 20 Agustus 2013

Kuis berhadiah novel Fatty Prety (Bhuana Ilmu Populer)



Kemarin, saya baru saja menerima bukti terbit novel baru saya Fatty Prety (yang lumayan banyak) dari penerbit Bhuana Ilmu Populer (BIP). Untuk itu saya ingin membagi 3 dari sepuluh novel itu dengan menggelar kuis. Berikan jawaban dan komentar langsung di blog saya ya.

Pertanyaannya:
Jika ingin menulis atau membaca novel anak, karakter tokoh utama seperti apa sih yang paling kamu suka untuk dijadikan cerita?
 
Jawaban paling lambat saya terima hari Sabtu, 24 Agustus 2013 pukul 12.00 WIB. Pengumuman pemenang hari Senin, 26 Agustus 2013, pukul 12.00 WIB.

Jangan lupa, jawaban diketik langsung di kolom komentar postingan kuis ini ya. Tiga jawaban terpilih akan mendapatkan masing-masing satu novel Fatty Prety. Ayo! Jangan sampai ketinggalan. ^_^






53 komentar:

  1. Aku paling suka tokoh anak [laki2 mau pun perempuan] yang mandiri, pemberani, cerdas, nakal tapi sayang banget sama orang tuanya. :)

    BalasHapus
  2. ikutan ya mbak wiwik. pingin karakter anak yang chuby, lucu, gembul tapi baik hati dan suka menolong

    BalasHapus
  3. karakter tokoh yang bergender perempuan.. pemberani.. jujur.. bertanggung jawab.. ulet.. rajin.. ceritanya dikeluarga yang sederhana.. dengan kondisi rumah dan fasilitas yg sederhana pula.. dia senang menabung dan membantu orgtuanya.. smpe singkat cerita dia bisa berhasil menjadi dokter.. hehehe

    BalasHapus
  4. Yg cuek diluar, perhatian di dalam :D
    singkat, padat dan jelas kaya pemilu XD

    BalasHapus
  5. aku dulu waktu kecil tuh suka baca novel.nah karakter yang aku suka itu cewe cantik, orang kaya, pemberani, low profile dan suka petualangan. Dia suka nyamar jadi orang miskin dan terjun ke rumah kumuh. Sering membantu sesama ala peri yang baik hati padahal dia manusia nyata. Bersekolah di sekolah mewah nan cerdas, selalu jadi juara. Ada juga sih kawannya yang syirik di sekolah krn dia cantik dan slalu jd juara. tapi semakin dikerjai dia cuek saja bahkan bisa membuat jera teman2 yang memusuhinya. Untuk kehidupan keluarganya sangat harmonis. Ayah n ibu nya baik dan rukun. Usaha ayahnya sukses, ibu nya ibu rumahtangga yang baik. tinggal di rumah biasa saja namun halaman luas dan banyak tanaman obat sebagai apotik hidup. wahhh apa yah bagian serunya... kalau dijabarin panjang yah mba. Intinya itu aja.

    BalasHapus
  6. Kalo saya suka anak perempuan yang karakternya lucu, baik hati, ceroboh ++ (dibaca :ceroboh sekali) tapi sangat pemberani,senang menolong teman, keluarganya penuh kelucuan, ibu lucu, ayah lucu (seperti keluarga pelawak) dan sering bercengkrama bersama. anak perempuannya pun sering berantem dengan saudara laki-lakinya hingga kedua orangtuanya terkadang pusing melihat tingkah mereka, padahal dibalik semua pertengkaran mereka saling menyayangi satu sama lain. :D

    BalasHapus
  7. Saya suka tokoh anak perempuan yang berkarakter lucu, baik hati, ceroboh +++ (dibaca: sangat ceroboh) tapi pemberani, senang menolong teman, jujur, tak rajin, hobinya hanya menggambar dan melukis. Hidup di tengah keluarga sederhana yang juga lucu dan ceroboh (seperti keluarga pelawak), tapi punya kakak laki-laki yang rajin dan perfeksionis yang ingin jadi dokter, jadi si tokoh sering berantem dengan kakak laki-lakinya hingga membuat orang tuanya pusing tujuh keliling. Tapi dibalik semua pertengkaran mereka menyayangi satu sama lain. Si tokoh bercita-cita menjadi pelukis terkenal.

    BalasHapus
  8. Tokoh yang unik dengan kepintarannya dan kebaikannya sehingga menginspirasi anak-anak lainnya untuk berperilaku yang sama.

    BalasHapus
  9. Kalau saya, suka tokoh anak (laki-laki atau perempuan) yang bersemangat, walaupun ceroboh dan nggak terlalu smart tapi dia suka bekerja keras dan selalu ingin tahu, agak jahil tapi baik hati, suka menolong, dan setia kawan...

    BalasHapus
  10. Suka dengan tokoh yang selalu ingin tahu. Selalu berhasil memecahkan masalah walau ternyata nggak sengaja memecahkan masalah itu. Dia menyukai alam. Semua kegiatannya berhubungan dengan alam. Entah dia menyukai baju yang bergambar pohon, kembang, binatang dll. Tokoh ini terobsesi banget dengan go green. Sering mengingatkan temannya untuk buang sampah pada tempatnya. Memisahkan sampah organik dan anorganik. Kadang temennya sebel juga dengan tingkahnya. Tapi dia tetap disukai teman-temannya. Dia juga punya kelemahan, misalnya takut sama balon karena suatu hari pernah kaget mendengar suara letusan balon. Klo melihat balon dia pasti pucat bahkan sampe pingsan. (Laki-laki/ perempuan). ^_^

    BalasHapus
  11. saya pengen tokoh perempuan yang suka petualangan, bisa jadi contoh anak-anak untuk cinta lingkungan, cinta Indonesia dan produk dalam negeri, banyak teman, dari keluarga yang biasa saja bukan kaya raya yang kayak di tipi2 itu...dan tentu saja soleha :)

    BalasHapus
  12. saya pengen tokoh perempuan yang suka petualangan, bisa jadi contoh anak-anak untuk cinta lingkungan, cinta Indonesia dan produk dalam negeri, banyak teman, dari keluarga yang biasa saja bukan kaya raya yang kayak di tipi2 itu...dan tentu saja soleha :)

    BalasHapus
  13. Tokoh perempuan yang lucu..baik hati..suka petualangan, bisa menjadi contoh anak-anak untuk cinta lingkungan, cinta Indonesia, cinta produk-produk dalam negeri, bukan dr keluarga biasa bukan kaya raya, banyak teman, dan soleha :)

    BalasHapus
  14. Karakter anak perempuan atau laki-laki yang terasa nyata ketika membacanya. Bukan seorang anak yang benar-benar sempurna, misal pandai belajar, disayang orangtua, baik hati, disukai teman-teman, dan lain-lain. Tapi dia anak yang punya kekurangan, misal suka jajan, suka gangguin adik, suka berantem dengan kakaknya, malas bantuin ibu. Tapi seiring berjalan cerita dia tau apa yang menjadi kekurangannya atau menyadari hal buruk yang seharusnya tak ada pada dirinya dan berusaha untuk mengubahnya :)

    BalasHapus
  15. tokoh anak yang kaya dan sombong dan suatu hari orang tuanya bangkrut,, dia akhirnya dididik oleh orang tuanya untuk selalu bersabar dan ikhlas.. dengan berjalannya waktu akhirnya dia dapat menerima semuanya dengan ikhlas dan sabar,, dan kehidupannya pun menjadi lebih baik meski hanya hidup dalam kesederhanaan namun kaya hati .. bisa menjadi contoh untuk anak-anak sekarang yang terkadang tidak mau mendengarkan orang tua yang menjadikan kehidupannya lebih sengsara ..

    BalasHapus
  16. pengen tokoh anak yg terus berjuang dan ga mau menyerah. biar kalo dibacakan ke anak2 mereka terinspirasi hidupnya, hehehhe. anak ini misalnya berada dalam kehidupan yg sulit tp dia selalu punya harapan yg tumbuh. misal, korban bully, pengamen jalanan, atau anak yg sulit bersosialisasi.

    BalasHapus
  17. Kalau saya suka sama tokoh anak yang usil,suka mencoba hal baru,suka mencari tahu hal baru,nakal bahkan ulah kenakalannya paling dibenci sama lingkungannya, entah itu lingkungan keluarga,sekolah,ataupun lingkungan tempat bermain.
    terima kasih..salam kenal mbk :D

    BalasHapus
  18. Karakter tokoh yang ingin saya baca adalah anak laki-laki yang ketika di rumah dia tak bisa bersosialisai dengan lingkungan karena larangan orangtuanya namun ketika di sekolah dia tak ingin pulang karena selalu menemukan hal-hal unik dari teman dan lingkungan sekolahnya.

    BalasHapus
  19. Tokoh karakter yang baik hati, pemberani dan pembela anak2 yg lemah, jujur. Tokoh karakter ini saya pilih, agar anak2 saya bisa mencontoh nilai2 baik yg ada di karakter tsb.

    BalasHapus
  20. Aku suka karakter Tokoh novelnya misterius(cewe/cowo), yang karakternya susah ditebak para pembaca. Plus, yang sukses membuat pembacanya mati penasaran dengan ceritanya.

    BalasHapus
  21. yg baik hati , rada gendut , kacamataan. Tapi jujur & suka menolong


    twitter @Litaa_FAN

    BalasHapus
  22. tokohnya anak laki-laki yang penuh semangat dan berjiwa petualang. soalanya gemes deh kalau liat jaman sekarang anak laki-laki suka main games (PS) daripada main di luar rumah, jadi ingin menciptakan tokoh yng bisa menginspirasi anak-anak jika berpetualang itu seru.. :D

    BalasHapus
  23. Saya paling senang membaca tokoh yang biasa-biasa saja (bukan seorang yang perfect secara fisik) akan tetapi dia bisa melakukan hal-hal yang luar biasa yang mampu menginspirasi orang lain untuk berbuat kebaikan.

    BalasHapus
  24. ikutan ya mak :D

    tokoh cewek/cowok yang banyak akal, suka iseng dan pinter ngelawak. senang membantu orang dengan keisengannya itu (di luar terlhat iseng tapi ternyata memberi manfaat kepada orang lain entah disadari entah tidak hehehe). tapi teteup pinter ngaji dan rajin sholat ^^V

    BalasHapus
  25. tokohnya bisa aja anak laki-laki atau perempuan, yang berani, hobi berpetualang, kadang-kadang suka ceroboh dan melakukan kesalahan, tetapi mempunyai kebesaran hati untuk mengakui kesalahannya dan meminta maaf, suka bereksplorasi yang kadang menyulitkan tokoh tersebut dan orang-orang di sekelilingnya, tapi pada akhirnya mampu menyelesaikan semua permasalahan yang ditimbulkannya.

    BalasHapus
  26. tokohnya bisa saja perempuan atau laki-laki, hobi berpetualang, mengeksplorasi hal-hal baru, terkadang suka ceeroboh dan berbuat salah, namun tidak segan untuk mengakuinya, meminta maaf dan berusaha memperbaikinya. Tokoh tersebut juga sesekali suka iseng dan membuat masalah di sekelilingnya..Pokoknya, selalau ada hal-hal seru bila berdekatan dengan tokoh utama tersebut.

    BalasHapus
  27. Tokoh yang agak cuek dalam penampilan, kocak, petualang (suka mencoba sesuatu yang baru), dan berani mengejar impian. Satu lagi, mencintai kebudayaannya. Misalnya : menyukai dunia pewayangan.

    BalasHapus
  28. Jika ingin menulis atau membaca novel anak, karakter tokoh utama yang paling saya suka untuk dijadikan cerita adalah

    *Untuk anak perempuan : Karakter anak perempuan yang cantik, berambut ikal panjang yang selalu mengenakan pita, senang mengenakan gaun-gaun indah, juga memiliki pipi bulat yang lucu dan menggemaskan. Tapi si tokoh ini juga harus punya kekurangan, misalnya pemalas, ceroboh, keras kepala atau malah, suka berbohong kepada orangtuanya. Nah, saya ingin perjalanan si tokoh di dalam novel itu, bisa membuatnya menyadari kekurangannya dan segera memperbaikinya. Jadi, pembaca *khususnya anak-anak* tidak hanya sekedar menikmati hiburan cerita, namun juga bisa mengambil pelajaran dari apa yang telah mereka baca.

    *Untuk anak laki-laki : Saya suka karakter anak laki-laki dengan karakter pemberani, pantang menyerah, suka berpikir out of the box, unik, nakal, tapi tetap bisa mempertanggungjawabkan kenakalannya pada orangtua. Kalau sosoknya? Hmm, saya suka jika dia memiliki ciri khas khusus, misalnya bertubuh gembul, bertelinga lebar dan selalu mengenakan topi berwarna biru.

    Terimakasih, mbak :) *semoga saya berjodoh dengan salah satu Fatty Prety yang disediakan* :D

    BalasHapus
  29. Tokoh anak yang karakternya unik. Aku pernah menulis tentang anak yang menderita skoliosis, anak piatu yang penyendiri, anak yang usilnya setengah mati tapi sayang banget sama keluarganya, dan sebagainya. Tapi... paling sering menulis tentang anak perempuan. Kenapa? Karena anak-anakku perempuan. Aku ingin mereka belajar dari tulisanku itu.

    BalasHapus
  30. Karakter tokoh yang unik pastinya. Aku pernah menulis tentang anak yang menderita skoliosis, anak piatu yang penyendiri tapi cerdas, anak yang usil tapi sayang keluarga dan sebagainya. Tapi, paling sering menulis tokoh utama anak perempuan. Kenapa? Karena anak-anakku perempuan. Aku ingin mereka belajar dari tulisankku, kelak.

    BalasHapus
  31. Karakter yang mengesankan buatku adalah anak laki-laki/ perempuan yang cerdas, lucu, jahil tapi baik hati, kreatif, dan sayang orang tua.
    Saya ingin bisa menulis kisah dengan karakter seorang anak perempuan/ laki-laki yang dengan karakter yang tidak selalu harus "ideal" dalam ukuran standar yang umum, namun tindakan dan gagasannya bisa menyentuh hati setiap pembaca buku, baik orang tua maupun anak-anak.
    Salut, mBak Wiwiek.
    @IndriaSalim

    BalasHapus
  32. saat ini saya sedang kepikiran untuk menulis sebuah cerita tentang seorang anak perempuan yang duduk di kelas 1 atau 2 SMP yang memiliki jiwa sosial yang tinggi, menyayangi orang-orang di sekelilingnya dan mencintai lingkungan di sekitarnya. berusaha membangkitkan dan menyebarkan semangat 'cinta lingkungan' kepada teman-temannya dan kalau bisa kepada seluruh umat manusia di dunia. berusaha mengajak semua orang untuk melakukan tindakan nyata untuk menyelamatkan bumi tercinta.

    BalasHapus
  33. Karakter anak perempuan dan laki-laki yang usil, lucu, lincah, pintar, dan punya keunikan. Misalnya, kalau lagi mikir suka pegang hidung, suka mengoleksi pensil yang sudah superpendek, atau suka terbalik-balik menyebut nama temannya.

    BalasHapus
  34. Anak perempuan atau laki-laki yang lucu, lincah, pintar, tapi suka iseng. Terus, punya satu keunikan, misalnya kalau lagi mikir suka pegang hidung, suka mengoleksi pensil yang superpendek, atau suka terbalik-balik menyebut nama temannya.

    BalasHapus
  35. Bismillahirrahmanirrahim
    kalo aku suka karakter anak yang nakal mbk, suka bikin ulah, memusingkan keluarga, guru, dan sahabt-sahabatnya. namun suatu saat nanti ia akan kena akibatnya, ia akan jera dan tersadar akan suatu musibah yang menimpanya hingga akhirnya ia dapat mengubah perilakunya yang tercela itu dan meminta maaf terhadap orang-orang yang pernah disakitinya. terimakasih :)

    BalasHapus
  36. Karakter anak yang senang hal-hal misteri, humoris, agak nakal, tapi penyayang.

    BalasHapus
  37. Bismillahirrahmanirrahim...
    kalo kau suka karakter anak yang nakal mb, pemarah,boros,egois,dll. kelakuannya gag karuan,sangat menjengkelkan, bikin pusing orangtua, guru, sahabat2nya,suatu saat nanti dia akan kena akibatnya, ia akan jera dan tersadarkan dari masalah yang menimpanya. sehingga ia akan mengubah perilakunya yang tercela itu dan minta maaf kepada orang-orang yang pernah disakitinya. terima kasih. :)

    BalasHapus
  38. Anak yang lugunya selalu bisa bikin tertawa. Kepolosannya sebagai anak-anak yang sewajarnya dimiliki anak-anak. Bandel dan nakalnya merekapun justru akan mengajari mereka mana yang benar dan mana yang salah. Kurang lebih itu mak, hehehe. ;)

    BalasHapus
  39. Ikutan ya mbak Wiwik :-) Kalau aku, pengen buat karakter anak perempuan yang ngeselin banget, sok tahu, cuek dan tukang ngeritik penampilan anak laki-laki. Tapi dia pintar dan banyak keterampilannya. Misalnya, bisa manjat pohon, bersihin ikan, betulin setrikaan, benerin genteng bocor, bikin kue2 yang enak, benerin ban kempes dll yang kayaknya anak2 seusianya pada belum mengerti. Bagi dia, dunia dan seisinya adalah sekolahnya. dan sekolah bagi dia adalah penjara. Jadi meski ngantukan di sekolah, tapi dia berprestasi.

    BalasHapus
  40. tokoh yang biasa saja, tidak terlalu pintar, tidak terlalu ganteng, orang tua nya tidak kaya (tidak juga miskin), tapi jujur dan anehnya selalu terlibat dalam2 konflik2 besar.. :D wahyu agung

    BalasHapus
  41. izin ikutan ya mbak :)
    Aku lebih suka sama karakter yang bukan manusia sih sebenarnya kalau buat cerita anak. Tapi kalau tokohnya itu manusia, aku ingin dia anak bungsu dari tiga bersaudara, tapi baik secara fisik maupun pemikiran, dia sangat berbeda dengan keluarganya. Mulai dari warna kulit, bentuk wajah, cara berpikir, cara menyelesaikan masalah, dan cara berinteraksi dengan orang lain. Jika kedua kakaknya cenderung bertingkah seperti anak kaya kebanyakan, les piano, jalan-jalan ke mall, dan segala aktivitas mewahnya, anak yang berbeda ini justru berkelana sendirian ke desa-desa dekat rumahnya, berinteraksi dengan warga yang kurang mampu, dan bersahabat baik dengan seorang anak penyemir sepatu. Terkadang anak yang berbeda ini minder akan perbedaan fisik antara dia dengan kedua kakaknya yang berkulit putih, tinggi, dan berambut lurus. sedangkan ia hitam dan berambut keriting gimbal. sehingga ia yang sebetulnya sangat pintar ini enggan untuk menunjukkan kemampuannya, alhasil ia dianggap bodoh dan pemalas oleh orang tuanya. Belum lagi orang tuanya selalu menentang pertemanannya dengan anak penyemir sepatu, namun anak baik hati ini akhirnya berhasil meyakinkan bahwa semua manusia itu sempurna dalam ketidak sempurnaan mereka. Kurang lebih begitu mbak hehe maaf ya kalau sulit dimengerti :)

    BalasHapus
  42. Izin ikutan ya mbak :)
    Jika akumembaca atau menulis cerita anak, aku ingin tokoh utamanya adalah seorang anak bungsu dari tiga bersaudara, dimana ia memiliki perbedaan dengan seluruh anggota keluarganya. Dari segi fisik, ia memiliki kulit yang hitam dan rambut keriting gimbal, berbeda dengan kedua kakaknya yang memiliki postur tubuh tinggi, berkulit putih dan berambut lurus. Perbedaan lain, jika kedua kakaknya selalu disibukan dengan segala kegiatan khas anak-anak kaya, seperti les biola, les berenang, jalan-jalan keluar negeri, membeli mainan terbaru, si bungsu ini justru selalu menolak setiap kali orang tuanya ingin membelikan barang-barang mewah, ia tetap setia pada ransel buluknya, dan sepatu kesayangan hadiah almarhum kakeknya, hal yang tentu selalu membuat marah orang tuanya, karena dianggap membuat malu orang tuanya. Dalam hal pergaulan, anak bungsu ini sangat menyayangi sesama. Jika keluarganya hobi berpergian ke tempat rekreasi mahal, ia justru berkelana seorang diri ke desa-desa sekitar rumahnya, belajar cara menumbuk padi dari para petani, ikut memandikan kerbau bersama peternak kerbau, dan berteman dengan seorang anak penyemir sepatu. Hal tersebut lagi-lagi mebuat marah ibu dan ayahnya. seringkali anak ini bertanya-tanya, mengapa ayah dan ibunya selalu marah , padahal ia hanya ingin berteman dengan semua orang, bukan hanya berteman dengan ank-anak kaya yang manja seperti kedua kakaknya. Belum lagi perbedaan fisik antara ia dan keluarganya, membuat ia bertanya, anak siapakah ia ini? mengapa ia begitu berbeda? Namun pada akhirnya, aku ingin anak yang berbeda ini dapat membuat keluarganya mengerti, bahwa semua orang sempurna dalam ketidak sempurnaan mereka :) semoga karakter tokoh yang saya inginkan dapat tergambar dari ulasan tadi ya hehe. terimakasih :)

    BalasHapus
  43. Saya suka tokoh laki-laki remaja yg pendiam,walaupun punya wajah yg manis dan banyak menarik lawan jenis, tapi dia lebih memilih fokus belajar dan mencetak prestasi dibidang sepak bola kegemarannya.
    Dibalik sifat 'dingin' nya terhadap lawan jenis ternyata ada kehangatan dg ibu yg sangat dia sayangi.

    BalasHapus
  44. Mbak Wik, ikutan ya :)

    Saya paling suka karakter lanak laki-laki yang pandai melakukan pekerjaan yang umumnya dilakukan perempuan, seperti anak laki-laki yang pinter masak dan menjahit. Rasa dan hasilnya pun tak kalah dengan racikan tangan perempuan.

    Rata-rata paman dari ibu saya seperti itu soalnya dan saya senang sekali melihatnya :)

    BalasHapus
  45. Ikutan ya, Mbak Wik :)

    Saya suka karakter anak laki-laki yang pandai mengerjakan keahlian yang umumnya biasa dilakukan perempuan, seperti menjahit dan memasak. Dan rasa dan hasilnya tak kalah bagus dari racikan tangan perempuan.

    Paman-paman dari ibu saya punya keahlian seperti itu dan saya suka melihatnya :)

    BalasHapus
  46. kalo tokoh utamanya cewe aku sukanya sosok yang pemberani, cerdas, jail namun baik, ceria, peduli, dan sedikit ceroboh. kenapa sedikit ceroboh? soalnya pasti nanti akan ada kejadian lucu karna kecerobohan nya dia. kalo cowo aku lebih suka yang dari luar keliatan nya biasa biasa aja tapi sebenernya mempunyai banyak kelebihan, jadi kesannya dia gak pamer sama apa yang dimilikinya:)

    BalasHapus
  47. Wuaaah! Sudah banyak banget yang berpartisipasi. Terima kasih ya buat semuanya. Masih sabar kan menunggu sampai Senin utk pengumumannya? Jujur, saya terpana baca semua komentarnya, unik-unik. Harus semedi ini buat nemuin yang terbaiknya. *ngumpet dulu aaah* ;)

    BalasHapus
  48. Saya sebagai anak2,, saya suka karakter yang bersahabat dengan alam dan temn2nya. Dan juga tentang petualangan sih yg lbh aku suka.....aku ini ingin sekali menerbitkan buku tetapi, tidak tau harus dengan ap...yg jls saya ingin membuat karakter yg baik,persahabatan dan juga tidak di sangka2

    Inilah komentar saya :)

    BalasHapus
  49. Saya suka karakter anak-anak yang sederhana dan apa adanya tetapi dalam hidupnya selalu diliputi keberuntungan. Karena, dengan keberuntungan itulah ia akan mendapat berbagai pengalaman baru dalam hidupnya yang membuatnya semakin istimewa.

    BalasHapus
  50. M. Arif Rizaldy23 Agustus 2013 07.42

    Aku suka dg karakter seorang anak laki2 yg periang, hangat dan pandai bergaul.
    Memiliki hobi futsal dan mengutak-atik kmputer. Namun dbalik smw klebihannya,ia msh tetaplah seorang bocah yg trkadang usil, ceroboh dan manja kpd ayah serta bundanya.
    Intinya, aku suka karakter polos anak2 dg sgala rasa ingin tahunya.

    BalasHapus
  51. Ingin tokoh utama yang beda dari yang lain. Saya pernah menjumpai anak laki-laki yang lebih suka nonton acara masak ketimbang nonton sepak bola :) dan pernah juga ketemu anak perempuan yang cepat nangis tapi dia pemberani. Karakter anak yang lengkap dengan segala kelebihan dan kekurangannya namun tetap unik :)

    BalasHapus
  52. Kuis ini siapa yang menang? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengumumannya ada di postingan baru, Mbak.

      1. Intan
      2. Indria
      3. Alaika Abdullah

      Hapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...