Senin, 14 Mei 2012

Workshop Menulis Kisah Inspiratif dari Galeri Kelas Ajaib untuk Ikatan Pegawai Bank Indonesia (5 Mei 2012)


Sabtu, 5 Mei 2012, Galeri Kelas Ajaib memberikan pelatihan kepada Ikatan Pegawai Bank Indonesia (IPEBI) di Museum Bank Indonesia, Jakarta. Tim GKA yang ikut mengisi pelatihan di pertemuan pertama ini adalah; Benny Rhamdani, Haya Alya Zaki, Fitria Chakrawati, Sokat Rachman, Rezki Dayan, dan saya sendiri.
Acara dibuka dengan sambutan dari Ibu Swastika Dwi P, ketua bidang pendidikan Ikatan Pegawai Bank Indonesia. Kemudian dilanjutkan salam perkenalan dari Benny Rhamdani selaku penggagas Galeri Kelas Ajaib.




Untuk acara inti, sesi pertama dipandu oleh Trainer Haya Aliya Zaki. Beliau memaparkan materi tentang penulisan kisah inspiratif ala Chicken Soup for the Soul, mulai dari ide sampai tahap mengedit tulisan. Pemaparan materi diwarnai dengan tanya-jawab.



Sebelum memasuki sesi berikutnya, saya mengajak peserta untuk mengendurkan syaraf dengan bermain. Permainan atau game berhubungan erat dengan materi yang sudah disampaikan di sesi pertama.



Peserta begitu antusias dan berusaha menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan di sesi game tersebut. Dari lima kelompok yang mengikuti game, kami menetapkan satu kelompok sebagai pemenangnya, dan masing-masing mendapatkan satu buku.



Setelah itu, Trainer Haya kembali melanjutkan dengan praktik membuat cerita sebanyak lima paragraf untuk diulas setelah jam istirahat.
Selepas istirahat, naskah peserta pun dievaluasi. Selanjutnya, Trainer Fitria Chakrawati melengkapi materi dengan mengenalkan kebijakan redaksional, bagaimana mempromosikan tulisan, serta etika sebagai penulis.



Alhamdulillah, pelatihan menulis di hari pertama (5 Mei 2012) yang diikuti oleh 35 peserta ini berjalan lancar dan sukses. Semua peserta sangat tekun mengikuti sesi demi sesi. Rasa ingin tahu mereka terhadap teknik penulisan kisah ala Chicken Soup ini diwarnai dengan lontaran pertanyaan kepada para Trainer.
            Sebelum menutup pertemuan pertama ini, Trainers memberikan tugas untuk menuliskan kisah inspiratif untuk direview pada hari Sabtu, 12 Mei 2012. (Bersambung)
             

2 komentar:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...