Selasa, 27 Desember 2011

Summer Program for Kids Chambanavoy (Part 1)


Hari itu udara di Orchard Down, Urbana Illinois begitu cerah, semilir angin mengantar hawa segar di kulit. Kami berkumpul bersama, muslimah Indonesia, muda dan penuh semangat menyala.
Inilah kami (dari kanan ke kiri) ; Mbak Ida, Mbak Leli, Mbak Ryan, Mbak Desi, Mbak Wiwiek, Mbak Era, Mbak Utin, Mbak Alin, Mbak Sari dan Mbak Dina. Sebagian muslimah Chambanavoy (ada yg berhalangan hadir).


Di sela tawa canda anak-anak yang sedang melepas lelah sehabis masa sekolah, kami sibuk menyusun rencana. Mau menciptakan apa untuk mengisi waktu libur mereka, anak-anak kami.

”Aku pengennya sih kita buat sesuatu buat anak-anak sebagai pengisi waktu libur,” komentar salah satunya.
”Apa ya kira-kira yang cocok?” timpal yang lainnya.
”Aku sudah punya gambaran sih, namanya summer program for kids juga, tapi kegiatannya kita isi dengan nuansa Islami,” katanya lagi.

Inilah awal dari kesibukan dan kegembiraan kami. Ada bayangan di mana kami bisa mengaktualisasikan talenta masing-masing untuk di transfer ke anak-anak kami. Tak ada yang tak mungkin, kalau niat tulus sudah tercetus dan Allah meridhoi, InsyaAllah semua lancar bak air sungai yang deras mengalir. Akhirnya, kami duduk bersama, menyusun materi apa saja yang akan diberikan untuk anak-anak tercinta.

Dengan semangat dan niat yang tulus, hari itu kami awali di 13 Juni 2008, Alhamdulillah berakhir di 1 Agustus 2008. Kami sepakati untuk pelaksanaannya tiga kali dalam seminggu yaitu Senin, Rabu dan Jum’at dari pukul 6 hingga 8 pm.

Selanjutnya digelarlah serangkaian aktivitas yang Alhamdulillah berjalan dengan baik dan membuat anak-anak senang menikmati masa liburnya. Tentu saja, karena jauh dari tanah air, kegiatan semacam ini bisa jadi menjadi sesuatu yang langka mereka dapatkan di Amerika.

Setiap mengawali pertemuan, kami buka dengan mengaji, tilawah, Iqra’ serta dilanjutkan dengan ”hafalan surah-surah pendek”.


Selepas itu, dirangkai pula dengan berbagai kegiatan, seperti ”Story Telling” (menceritakan kisah para Nabi) kepada anak-anak agar mereka lebih mengenal, mencintai serta meneladani sikap – sikap para Nabi nya. Diselingi di hari-hari berikutnya dengan kisah-kisah Islami yang dapat memberi hikmah keteladanan kepada anak-anak.
 


Story Telling (Kisah para Nabi ) dan Kisah-kisah Islami
Kami juga mengajak anak-anak untuk gemar dan bisa menulis. Melatih mereka untuk menuangkan bermacam ide yang melintas di pikirannya ke dalam tulisan. Kegiatan ini kami kemas dalam judul ”Writing for Kids”.
Writing (mengajak anak” untuk belajar menulis)
Di sesi writing ini, kami selipkan bagian kegiatan yang biasa dilakukan para wartawan yaitu wawancara. Kegiatan ini kami beri judul dengan ”Wartawan cilik”. Di sesi ini, kami melibatkan para Oms (Om Cecep, Om Muhlis, dan Om Fitra) sebagai narasumber.
Dengan Om Muhlis
Dengan Om Cecep

Dengan Om Fitra

Untuk menyuburkan rasa cinta anak terhadap tumbuhan, kami ajak anak-anak tercinta untuk berkebun. ”Gardening”, begitu judul kegiatan yang satu ini.

Menanam bawang dan kunyit.
Gardening (mengajak anak” belajar berkebun)
Gemar memasak bukan hanya terbatas bagi orang dewasa, anak-anak juga kami ajak untuk mengenal aktivitas yang satu ini, yang kami beri judul ”Cooking”.

Cooking for kids (melatih anak-anak agar cinta akan suasana dapur)
Kegiatan berikutnya, kami balut dengan judul "Science". Anak-anak sedikit diajak bermain tanah dan air yang akan dibentuk menjadi gunung, namanya vulcano eruption. Dengan hasil eksperimen yang sederhana tapi terbukti untuk memperlihatkan proses terjadinya gunung berapi yang mengeluarkan lava kepada anak-anak.

Percobaan "Vulcano Eruption"
Masih panjang cerita kami tentang summer program di Orchard Down untuk anak-anak muslim Indonesia Chambanavoy (Champaign, Urbana, Savoy) ini. So, to be continued:-)

Orchard Down Juni 2008

Note :
Sebagian foto diatas, hasil bidikan Mas A. Muhlis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...