Minggu, 25 November 2012

Pengalaman Menulis Novel Duet

       Menyatukan dua karakter penulisan dalam satu novel, bukanlah sebuah pekerjaan mudah. Tapi, dengan semangat dan kegigihan, akhirnya saya dan Fita Chakra mampu melakukannya. Ini adalah pengalaman pertama saya dalam menulis novel secara duet. Berawal dari ide yang beberapa waktu sempat mengendap di file naskah saya. Ketika sebuah tawaran datang pada kami yang terhimpun di Galeri Kelas Ajaib , maka saya langsung menawarkan ide tersebut ke rekan duet saya

      Setelah Fita menyetujui, kami lanjutkan membicarakan plot. Kami menyusunnya bersama. Kami pun mulai membagi jatah penulisan dengan cara mengerjakannnya secara bergantian. Setelah satu bab selesai saya tulis, maka Fita akan melanjutkan ke bab berikutnya. Begitu seterusnya. Namun, dalam perjalanan kerjasama ini tentu saja tak semulus yang kami bayangkan. Sempat terjadi perombakan plot. Tapi, untung saja... kami memiliki karakter bercerita yang tak jauh berbeda. Ini tentu saja sangat membantu.

     Dalam waktu tiga minggu yang benar-benar membuat kami jumpalitan (tapi menyenangkan), akhirnya kami mampu menyelesaikan cerita tersebut.

Ini hasil akhirnya:
Judul: Kue-kue Cinta
Penulis: Fita Chakra dan Wylvera W.
Penerbit: Penerbitan Pelangi Indonesia
Jumlah halaman: 234 halaman
Harga: Rp40.000,-
 


Sinopsis

Sepeninggal ayahandanya, Awang dan Nining harus bekerja keras agar bisa tetap sekolah. Ibundanya pun merantau ke Malaysia untuk bekerja. Sambil menahan kerinduan, Awang dan Nining mengamen. Pekerjaan itu tak mudah bagi mereka. Mulai dari modal yang minim, membagi waktu dengan waktu belajar, dan nyaris dikeroyok sekelompok pengamen jalanan mereka alami. Mereka pun beralih menjual kue dari rumah ke rumah.
Apakah mereka berhasil menamatkan sekolahnya? Apakah impian memiliki toko kue tercapai? Dan, apakah mereka bisa bersatu kembali dengan ibundany
a? [Wylvera W.]

4 komentar:

  1. Kereeeennnnn karakter tulisannya seperti hasil satu orang, 4 jempol buat dua penulis berbbot ini :)

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Nanti ya, kami akan ceritakan serunya.

      Hapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...