Minggu, 17 Maret 2013

Amanah Baru itu Sangat Menantang




Majalah Insani adalah majalah yang dikelola oleh ibu-ibu istri pegawai Bank Indonesia yang tergabung dalam komunitas PIPEBI (Persatuan Istri Pegawai Bank Indonesia). Majalah ini sudah terbit dalam 19 edisi. Meskipun hanya majalah yang dikelola oleh ibu-ibu istri pegawai, namun proses kerja dan tanggung jawabnya tak jauh berbeda dari majalah-majalah yang mengejar profit di luar sana.

Sejak awal, Majalah Insani terbit secara berkala. Dari sekali, hingga kini menjadi tiga kali dalam setahun. Distribusinya tentu saja tidak ke luar dari lingkungan keluarga besar Bank Indonesia. Namun, penyebarannya lumayan luas. Majalah Insani didistribusikan mulai di kantor BI pusat, kantor-kantor cabang BI di seluruh tanah air, sampai ke kantor-kantor perwakilan seperti, Singapore, Tokyo, London, dan New York. 

Dan, selama Majalah Insani terbit, saya yang notabene adalah istri salah satu pegawai BI, sudah beberapa kali menjadi salah satu kontributornya. Bahkan saya sempat menjadi wakil pemimpin redaksi di sana selama setahun. Namun, meskipun sempat bergabung, saya merasa dalam kurun waktu setahun rasanya belum banyak yang bisa saya pelajari di sana.
Tim Redaksi sebelumnya (masih ada saya di sana)

Kemarin, tiba-tiba permintaan untuk memegang posisi pemimpin redaksi datang. Saya sempat ragu untuk menerimanya, karena tak begitu yakin bisa melanjutkan estafet dari tim redaksi yang lama. Mereka sudah begitu solid dan mumpuni. Majalah Insani sudah sangat bagus tampilannya. Banyak yang memuji. Nah, prestasi itu yang membuat saya berpikir ulang sebelum menerima tawaran yang sangat menantang itu.

Sebagai istri pegawai Bank Indonesia, tentu saja kesempatan untuk berdedikasi di lingkungan Persatuan Istri Pegawai Bank Indonesia sudah bukan barang langka. Apalagi jika si istri punya waktu, keinginan, dan niat untuk belajar berorganisasi, kesempatan itu Insya Allah terbuka lebar. Sementara, Majalah Insani merupakan wadah yang bisa mengakomodir catatan dari kegiatan PIPEBI, baik kegiatan di lingkungan keluarga besar BI maupun yang bersinggungan dengan masyarakat, seperti pemberian bantuan sosial berupa sumbangan bencana alam, panti asuhan, PAUD, dan lain-lain.

Di samping itu, Majalah Insani juga bisa menjadi alat penyalur bakat menulis para istri pegawai BI. Pertimbangan-pertimbangan itulah yang kemudian menyulut semangat saya untuk akhirnya menerima tawaran dari Ibu Ketua PIPEBI, Ny. Bernadette Chandra.

Bermodalkan pengalaman menulis buku-buku cerita dan artikel selama berkecimpung di dunia penulisan, akhirnya saya beranikan diri untuk menerima tawaran itu. Lalu, setelahnya, langkah pertama yang saya lakukan adalah mencari teman (sesama istri pegawai BI) yang mau dan bisa diajak bekerjasama sebagai tim.
Ketua PIPEBI, Wakil, Bendahara, dan Redaksi Insani

Alhamdulillah, proses pencarian itu tak memakan waktu lama. Saya mendapatkan lima orang teman yang mau diajak bergabung sebagai tim redaksi yang baru. Mereka adalah Lely Soelistio Darmawan, Ayek Keri Wiropraboro, Yanti Fiskara Indawan, Yanti Meiwan Herarosi, dan Karine Fadjar Majardi.

Begitulah, kami pun diundang untuk menghadiri pertemuan pertama dengan Ibu Ketua PIPEBI beserta wakil dan pengurus lainnya. Tak banyak yang dibicarakan, hanya fokus pada sesi perkenalan. Baru di pertemuan berikutnya, kami sudah merambah pada penentuan langkah-langkah untuk melanjutkan proses terbit majalah kebanggaan PIPEBI itu. Di kesempatan itu juga hadir tim redaksi lama. Kami juga mengundang pihak spora yang selalu setia membantu Majalah Insani sampai proses cetak dan terbitnya.
Rapat redaksi dengan PIPEBI dan Spora

Tentu saja, semua tak semulus yang saya bayangkan. Dengan waktu yang sempit saya harus bisa mengejar dan meminta kerjasama dari teman-teman supaya majalah tersebut tetap terbit di bulan April 2013 nanti. Saya pun sedikit pontang-panting mengumpulkan naskah untuk dimuat pada rubrik-rubriknya yang nantinya akan memenuhi 48 halaman.

Dengan deadline yang sudah ditetapkan bahwa tanggal 17 Maret 2013 semua naskah untuk rubrik-rubrik yang sudah ditentukan harus masuk, saya kembali panik. Tapi, berkat kerjasama dari para kontributor artikel, foto, dan tim editing dari spora, saat ini target sudah mencapai 75%. Setelah ini akan masuk pada langkah pembuatan dummy hingga persetujuan untuk naik cetak.

Saya sangat berharap bahwa tanggung jawab dari amanah sebagai pemimpin redaksi ini setidaknya jangan sampai mengecawakan para petinggi PIPEBI dan seluruh anggota yang selalu menanti-nanti terbitnya majalah kami tercinta ini. Semoga Majalah Insani tetap bisa hadir di bulan April 2013 mendatang. Aamiin. [Wiwiek Indra Gunawan]

14 komentar:

  1. Selamat ya, Wik. Kamu memang keren :)

    BalasHapus
  2. @Indahjuli: Aku kan diam-diam belajar dari semangatmu, Indah. Gak tau kan ya? ;) Btw, makasiiih... ntar kalau terbit majalahnya, kukasi satu deh ke dirimu. ^_^

    BalasHapus
  3. Kalau butuh bantuan, nggak usah sungkan untuk menghubungi...

    BalasHapus
  4. @Dian Kelana: Sip, makasih ya, Yah. :)

    BalasHapus
  5. selamat ya mbak, hebat banget deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih, Mbak Lidya. Belum hebat ah, kan belum keliatan ni hasilnya. ;)

      Hapus
  6. Wow, Amanah yang luar biasa.... Semangat kaka'! semoga lancar dan sukses ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... Insya Allah, selalu diberi semangat, Mak. :)

      Hapus
  7. Wuih semangatnya mantap...
    Asik deh jadi PimRed :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyik dan bisa nambah pengalaman berharga, Mbak. :)

      Hapus
  8. Wow, walaupun sebagai seorang istri pegawai BI, tapi kiprahnya luar biasa ya Mak, bisa bikin bangga suami juga :D, sukses :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, tersanjung aku ini. Btw, Alhamdulillah.... :)

      Hapus
  9. Selamat siang bu, apakah bisa kita adakan kerjasama dengan PIPEBI untuk adakan seminar kesehatan ? Selain untuk pusat, kami juga punya cabang di Medan, Surabaya, Bandung, Semarang. Masalah materi dan acara bisa dikomunikasikan kembali, kalau ibu berkenan bisa hubungi kami di 081973116623. Terimakasih

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...