Rabu, 13 Mei 2015

Memasak Tanpa Asap dengan FOTILE



Senang kalau punya dapur bersih seperti ini (foto: booklet FOTILE)
           Memiliki dapur yang selalu bersih menjadi standar yang sulit ditawar-tawar buat saya. Inilah yang kerapkali membuat kepala saya pusing. Standar bersih yang saya buat, terkadang melelahkan saya sendiri. Malah sesekali diiringi dengan omelan panjang jika hasilnya tidak sesuai dengan keinginan. Lho, kok bisa gitu ya? Yang masak siapa, yang ngomel siapa? *di situ kadang saya merasa galau* ^^
            Tapi, memang betul. Paling tidak nyaman rasanya jika setiap selesai memasak, aroma sisa masakan tidak bisa hilang sempurna. Apalagi jika bau asapnya meninggalkan aroma amis yang sangat mengganggu penciuman. Saya biasanya akan sibuk mencari solusi agar bau itu bisa dihilangkan. Salah satunya adalah mengepel lantai dapur dengan mencampurkan air dan cairan pembersih. Selain itu, saya akan mengelap kompor dengan cairan pembersihnya juga. Demi menghilangkan aroma tak sedap dari sisa masakan, saya harus meluangkan waktu tambahan. Repot ya? Lumayan ....
            Sebenarnya standar yang saya buat, bukan tanpa alasan. Aroma yang mengganggu itu bersumber dari asap masakan. Asap dapur mampu meninggalkan bekas yang bisa merusak, seperti bercak-bercak hitam serta kerak di dinding dapur dan plafon. Bukan hanya itu, aromanya juga akan menempel lekat di tubuh. Tidak nyaman pastinya.
 
Ini contoh asap yang bisa mengganggu itu (foto: booklet FOTILE)
Kesimpulannya, semua berujung pada masalah kesehatan. Terutama paru-paru. Meskipun kompor di rumah saya telah dilengkap dengan exhaust (alat penyedot asap masakan), namun hasilnya tidak begitu maksimal. Saya tetap harus ekstra meluangkan waktu membersihkan sisa-sisa aroma setiap kali selesai memasak. Saya tidak mau efek asap ini meninggalkan bibit penyakit kanker di paru-paru saya. Walaupun mungkin tidak sebahaya asap rokok, namun efek jangka panjangnya pasti ada. Ih, seraaam ...!
            Baidewei, saya rasa, ini bukan hanya menjadi kegundahan saya sendiri. Keinginan untuk selalu memiliki dapur bersih, tidak meninggalkan bau, dan bebas asap masakan, pasti akan menjadi impian banyak ibu rumah tangga juga. Lalu,  adakah perangkat dapur yang mampu mengatasi kegundahan ini? Mahalkah harganya? Terjangkaukah dengan ukuran dompet? 

Saya duduk di meja ini bersama para blogger dari Fun Blogging (dokpri)
Hidangan appetizer (Rolled Thai Beef Salad) yang cantik ^^ - (dokpri)

            Tanggal 7 Mei 2015 yang lalu, saya mendapat kesempatan untuk menghadiri acara peluncuran FOTILE (merek perangkat dapur nomor 1 di Asia). Tentu saja saya tidak menyia-nyiakan kesempatan itu.  Dari keterangan yang saya baca, FOTILE telah memiliki pengalaman di industri dapur selama lebih dari 20 tahun. FOTILE mengumumkan bahwa mereknya paling memahami apa yang dibutuhkan orang Asia di dapurnya, termasuk di Indonesia. Siapa tahu, impian saya ingin memiliki perangkat masak yang sesuai dengan standar bersih ala saya tadi bisa terpenuhi. *intip isi dompet* ^^
 
Duo MC yang memandu acara peluncuran produk FOTILE (dokpri)
            Acara yang digelar dan disajikan dengan dua bahasa (China dan Indonesia) di Bali Room Hotel Indonesia Kempinski Jakarta itu, memberi kesan megah dan mewah. Apalagi sajian hidangan makan malamnya yang lezat, semakin memanjakan para tamu undangan yang hadir. Langsung terbayang di benak saya, kalau produk yang akan diluncurkan adalah barang berkelas dan harganya pasti selangit alias puluhan juta rupiah. Mari kita lihat!

Mr. Hansen (dokpri)
Ms. Jiang Yi (dokpri)


Mr. Hu Guoqing


            Mr. Hansen, Direktur FOTILE Indonesia mengatakan dalam sambutan singkatnya malam itu, bahwa FOTILE bukanlah produk Eropa (yang relatif mahal). FOTILE adalah buatan China. Justru itu harganya relatif bisa lebih murah. Selanjutnya, Ms. Jiang Yi, General Manager Overseas Division FOTILE, mengenalkan produk FOTILE lebih detail. Menurutnya, makan juga memiliki makna penting. Ini menjadi kehormatan bagi FOTILE untuk memenuhinya kebutuhan perangkat dapur para keluarga di Asia.
Sesi peluncuran produk FOTILE yang seru banget (dokpri)
             
             FOTILE berkolaborasi dengan IDEO Company yang membantu Apple mendesain iPhone, merancang produknya menjadi perangkat dapur yang kuat dan efisien serta mudah digunakan. FOTILE juga menyediakan jaminan servis dan sparepart selama tiga tahun (lebih lama dari merek perangkat dapur lainnya-red). Jadi, tidak perlu resah jika tiba-tiba terjadi kerusakan.

Rangehood yang keren dgn cara kerja efisien (foto: booklet FOTILE)
Cara kerjanya seperti ini (foto: booklet FOTILE)

            Dari beragam produk FOTILE, seperti hobs, oven, microwave oven, hingga steam oven, saya paling tertarik pada rangehood-nya. Rangehood ini adalah perangkat penghisap asap dari proses memasak. Di acara peluncuran itu, dijelasakan bahwa FOTILE telah mengembangkan teknologi yang efisien dan daya hirup asap yang tidak berisik pada rangehood-nya. Selain itu dilengkapi juga dengan EPS (Efficient Powerful Safety) burner untuk kompornya. Kedua produk yang sudah dipatenkan ini bisa menyerap asap dan bau yang kuat dari masakan dapur. 

Masak jadi semakin seru (foto: booklet FOTILE)

Pengguna produk FOTILE juga dapat memasak segala jenis hidangan lezat tanpa khawatir lagi dengan asap dan bau yang dihasilkan saat proses memasak. Keunggulan lainnya, pengguna juga dapat menghemat energi gas dengan teknologi api FOTILE yang efisien. Wow! Ini dia yang saya idam-idamkan. FOTILE akan membantu saya pada efisiensi anggaran dan waktu dari kerja tambahan untuk bersih-bersih setelah memasak.
Saya dan teman-teman Blogger (foto: Liswanti Pertiwi)
Nah, bagaimana dengan harganya? Seperti yang dijanjikan oleh Mr. Hansen dalam sambutannya tadi, sebagai brand kelas atas, produk FOTILE menawarkan kisaran harga Rp 2.500.000,- s/d Rp50.000.000,-. Mahal atau murah menurut Anda? Tentu saja tergantung pada keuangan masing-masing keluarga. Jika ingin mengatakan, “Good bye, asap dapur!” Silakan tentukan pilihan Anda. [Wylvera W.]

Ingin info lebih lanjut? Silakan berkunjung ke www.fotile.co.id

          

6 komentar:

  1. kdg peralatan2 baru seperti ini, aku lbh suka nanyain si mba ART, apa dia perlu alat bgini utk masak di dapur..krn biar gimanapun, dapur termasuk area yg jrg bgt aku dtgin :D semuanya udh aku percayain ama si mba ART .. selama ini sih, aku ngeliatnya dapur selalu bersih tiap dia selesai masak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak.
      Kalau aku lumayan sering memerhatikan dapur karena posisinya menyatu dengan ruang makan. Aku gak punya dapur kotor dan bersih, jadi mau gak mau harus ekstra sama area di sekitar tempat masak ini. :)

      Hapus
  2. Sbnernya banyak manfaatnya produk dr FOTILE ya, mbak. Tapi masih trlalu mahal bagi saya. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak, tergantung keuangan peminatnya. :)

      Hapus
  3. ini sehari berapa postingan blog ya?

    BalasHapus
  4. Harganya masih lumayan menegnah ke atas untuk ibu rumah tangga biasa.

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...