Sabtu, 04 Juli 2015

Mari Maju Bersama Serempak



Sumber foto: Dian Kelana

Sebagai bagian dari anggota masyarakat Indonesia, perempuan dan anak harus mendapatkan hak yang sama dari negara. Untuk itu pemerintah membentuk sebuah departemen - Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) – yang secara khusus menangani permasalahan perempuan dan anak.
Di samping itu, perempuan juga tidak bisa terlepas dari kemajuan teknologi komunikasi. Beragam permasalahan perempuan dan anak perlu dijembatani oleh wadah yang mampu menyalurkan segala aspirasi guna menemukan solusinya. Tentu saja wadah tersebut harus mampu menjangkau segala penjuru. Maka hadirlah sebuah portal online bernama “Serempak”.
Awalnya portal yang fokus pada membahas masalah perempuan dan anak ini berada di bawah naungan Yayasan Air Putih. Dalam kurun waktu tidak terlalu lama, berkat kerjasama antara Pokja Serempak (diketuai oleh Ibu Martha Simanjuntak), akhirnya portal online ini melebur dan berada di bawah KPPPA. Selanjutnya portal Serempak pun menjadi milik seluruh masyarakat Indonesia dengan KPPPA sebagai fasilitatornya.
Berkaitan dengan portal online Serempak ini, pada hari Senin, 29 Juni 2015 lalu, saya dan para blogger diundang oleh KPPPA untuk berdiskusi bersama. Acara yang berlangsung di kantor Kementrian tersebut (Jalan Merdeka Barat No. 15 Jakarta Pusat), juga menggelar launching Portal serempak.or.id. Sementara yang hadir sebagai pembicara adalah Dr. Wahyu Hartomo (Sekretaris Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak), Dra. Martha Simanjuntak (Ketua Tim Pokja Serempak), Robert AB (tenaga pengajar di Business School BINUS), dan Ani Berta (Koordinator Kemitraan Serempak).

Dr. Wahyu Hartomo
Sebagai pembuka, Bapak Dr. Wahyu Hartomo hadir untuk menyambut dan membuka secara resmi acara sosialisai portal Serempak pagi hari itu. Dalam sambutannya beliau mengatakan, “Saya menyambut baik acara ini, sebagai wujud nyata dari upaya dan usaha menggali serta mencari peluang guna memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi bagi pembangunan bangsa dan negara yang kita cintai ini.”
Dr. Wahyu Hartomo (dokpri)
Di kesempatan itu, Bapak Wahyu Hartomo juga menyampaikan ucapan terima kasih atas terjalinnya kerjasama antara Tim Pokja Serempak dengan  KPPPA. Khususnya kerjasama dengan Deputi Bidang Pengarusutamaan Gender Bidang Ekonomi KPPPA. Kerjasama tersebut selalu mendukung kegiatan terkait dengan penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang peduli pada masalah-masalah perempuan dan anak melalui Portal Serempak.

Serius menyimak (dokpri)
Bapak Wahyu Hartomo mengatakan bahwa masyarakat sangat menunggu hasil-hasil yang dicapai oleh portal Serempak. Semua berharap agar Tim Pokja Serempak mampu bertindak kreatif, lebih inovatif menawarkan gagasan-gagasan segar dalam menciptakan teknologi informasi yang baru. Semua upaya itu ditujukan untuk memberi kemajuan bagi perempuan dan anak. Sejauh ini, portal Serempak sangat membantu KPPPA sehingga bisa lebih maksimal dalam melayani masyarakat.

Robert AB
            Materi berikutnya dipandu oleh Bapak Robert AB. Beliau membahas tentang “Digital Marketing”. Robert AB mengatakan bahwa Teknologi Informasi dan Komunikasi sudah menjadi hal yang akrab bagi setiap orang. Termasuk dalam memasarkan bisnisnya. Orang mulai melakukan bisnisnya lewat layanan digital
Dalam pemaparannya, Robert AB membagi internet marketing ke dalam dua jenis, yaitu traditional marketing dan digital marketing. Menurut Robert AB, tradisional marketing masih membutuhkan biaya mahal untuk pembuatan iklan dan pemasaran produknya. Selain itu, sangat sulit juga diukur analitiknya. Kedua adalah digital marketing yang memiliki jangakuan jauh lebih luas dibanding traditional marketing. Digital marketing bisa dekat dengan siapa saja, tanpa batas wilayah, yaitu melalui media sosial yang saat ini sudah ada dalam genggaman banyak orang. 


Pak Robert AB (dokpri)

Digital marketing juga memiliki potensi untuk memperluas bisnis karena mampu menjangkau ke semua wilayah. Bisnis online melalui digital marketing akan memperjelas product knowledge merk yang kita pasarkan. Selanjutnya konsumen akan langsung mengetahui produk yang dipasarkan.
         Robert AB juga membahas tentang ragam produk (barang dan jasa) yang bisa dipasarkan melalui digital marketing. Untuk itu, beliau mengatakan bahwa dalam sebuah bisnis, pemilihan nama sangatlah penting. Nama sebuah produk menjadi brand yang membedakannya dari produk lain.
        Terkait dengan portal Serempak, Robert AB menyinggung bahwa hal terpenting dalam membangun sebuah komunintas. “Orang itu berkomunitas karena punya kesamaan pemikiran,” ujar Robert AB. Ditambahkannya lagi bahwa proses tolong- menolong akan membentuk komunitas semakin solid. Untuk itu blogger diajak membentuk keseragaman visi dan misi dalam berkontribusi di portal Serempak.

Ani Berta dan Ibu Martha Simanjuntak
            Sesi diskusi berikutnya dipandu oleh Ani Berta. Sosok yang sudah malang-melintang di dunia blogger ini, membagi pengalamannya khusus mengenai kontributor konten (baik sebagai volunteer maupun berbayar) di website.

Ani Berta (dokpri)
            Menurut Ani, ada beberapa hal yang menggiring blogger menjadi kontributor konten website. Pada kenyataannya kebutuhan jumlah penulis meningkat. Media online dan website institusi semakin menjamur. Tidak semua tokoh, pejabat, selebriti dan pemangku kepentingan punya keterampilan menulis. Kebutuhan produksi konten. Di akhir pemaparannya, Ani Berta mengajak teman-teman blogger untuk ikut berkontribusi di website Serempak.
Ibu Martha Simanjuntak (dokpri)
            Di sela pemaparan tentang website Serempak, Ibu Martha menjelaskan, “Menjadi kontributor website Serempak harus komitmen menulis minimal satu kali dalam sebulan. Sedangkan untuk Journalisme Warga, setiap orang bisa mengirimkan artikel kapan saja.”

Maju Bersama Serempak
            Portal Serempak diharapkan mampu menjadi jembatan untuk mengatasi kasus-kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak. Selain itu juga, konten diharapkan mampu memberikan inspirasi kepada kaum perempuan dalam meningkatkan pengetahuan di bidang TIK. Blogger dan seluruh masyarakat diharapkan bersedia dan berkomitmen untuk ikut serta menjadi kontributor konten website www.serempak.or.id. Agar gaungnya semakin luas, bisa juga lewat twitternya di @SerempakID. [Wylvera W.]

18 komentar:

  1. Alhamdulillah.. ada portal Serempak. Semoga bisa menjadi wadah untuk mengatasi berbagai kasus khususnya pada perempuan dan anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Kita pun diharapkan bisa ikut berpartisipasi menjadi kontributor konten webnya. Yang penting komitmennya. :)

      Hapus
  2. Terima kasih Kakak reportase kerennya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, Ani. Makasih juga sudah mengundangku ke acara keren ini. :)

      Hapus
  3. Bagus2 program serempak, mudah2an bisa berkontribusi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Dirimu pasti punya segudang amunisi untuk berkontribusi. :)

      Hapus
  4. Wah terima kasih informasinya... jadi pengen jalan2 ke portal serempak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo, Mbak ... kita bisa share pengalaman yang terkait dengan parenting dan perempuan di sana. Ditunggu ya. :)

      Hapus
  5. peluang menulis bisa dari mana saja. salah satunya ada di serempak ya mbak :)

    BalasHapus
  6. Serempak buat nulis artikel disana yoook bundaaa.
    ajarin adinda menulis yaaah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita sama-sama belajar ya. Dengan membaca ragam postingan terkait dengan yang dibutuhkan oleh serempak, bisa jadi ajang belajar juga lho. :)

      Hapus
  7. di tunggu tulisan mbak Wiwiek di serempak nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, semoga habis lebaran nanti mulai bisa titip satu per satu tulisannya ya. :)

      Hapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...