Selasa, 14 Mei 2013

Welcome Dinner Mengawali Perhelatan Akbar ASEAN Blogger Festival 2013


 
Hanya beberapa saat melepas lelah setelah menempuh perjalanan Jakarta – Solo selama hampir 17 jam, membuat saya berharap akan ada momen yang bisa mengembalikan stamina. Dan, saya yakin sekali acara malam itu (9 Mei 2013) akan menyegarkan kembali fisik saya.
Selepas magrib, kami sudah harus bersiap menuju kediaman resmi Bapak Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo. Nama tempat itu adalah Loji Gandrung. Para Blogger yang berjumlah sekitar 250 orang akan disambut oleh acara “Welcome Dinner”.  Kami pun diberangkatkan oleh bus. Satu bus berangkat dari Hotel Kusuma Sahid Prince dan yang satunya lagi dari Hotel Sahid Jaya.

Dalam bus menuju Loji Gandrung (foto: Nchie Hanie)



Malam itu nuansa batik, merupakan dress code yang ditetapkan oleh panitia mewarnai suasana. Diam-diam saya bangga sekali, karena saya pencinta batik sejati. Batik memang tak ada matinya. Kereeen!
Ketika bus berhenti dan menurunkan kami di depan lokasi acara, saya langsung merasakan aura gedung kediaman Bapak Walikota yang dihiasi oleh ornamen bangunan zaman Belanda, tapi tetap menampilkan keartistikan yang megah. Selanjutnya kami diminta untuk melakukan registrasi. Tidak hanya itu, semua tamu (Bloggers) dihadiahi goodie bag. Sebelum mengambil meja yang sudah disediakan, saya masih menyempatkan diri berfoto dengan gadis cantik berbusana indah yang berdiri bagai pagar ayu menyambut kedatangan para tamu.
Narsis walau lapar. ;)
Setelah saling berkenalan dengan sesama Blogger dari kota lain, saya dan teman-teman dari Kumpulan Emak Blogger mengambil tempat di meja bundar bagian tengah. Posisi yang strategis untuk menyaksikan jalannya acara. 
Gala Dinner di Loji Gandrung (foto: Nchie Hanie)
Acara yang dihadiri oleh tuan rumah (Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo), Direktur Jenderal Kerjasama ASEAN Kementrian Luar Negeri, I Gusti Ageng Wesaka Puja, Direktur IT PT Telkom Indonesia, Indro Utoyo, Begawan Marketing Indonesia, Prof. Hermawan Kartajaya, dan perwakilan US Mission for ASEAN Kedubes Amerika Serikat, Mr. Thomas Bills, memberikan semangat kepada para blogger untuk mengikuti event yang akan berlangsung selama tiga hari ke depannya (10 – 12 Mei 2013).

Bapak Walikota dan Petinggi lainnya

Acara dipandu oleh dua MC keren, Indah Nuriah dan Agus Lahinta. Tarian tardisional membuka “Welcome Dinner” malam itu.  
Retno Kusumo Dance
Sebagai pembicara pertama, tampil Bapak Indra Utoyo dengan paparannya tentang perkembangan industri telekomunikasi di Indonesia. Beliau juga mengatakan tentang komitmen PT. Telkom yang mendukung Blogger sebagai Netizen dalam menyebarluaskan postingan-postingan inspiratif di blognya. Sesi ini dilanjutkan dengan penandatanganan MoU (khususnya dalam pengembangan internet) antara PT. Telkom Indonesia dengan Pemerintah Kota Solo.
Indra Utoyo

Selepas penandatanganan MoU
Sambutan berikutnya disampaikan oleh Dirjen Kerjasama ASEAN Kementerian Luar Negeri, Bapak I Gusti Ageng Wesaka Puja. Beliau menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan penuh dari Pemkot Solo untuk event ASEAN Blogger Festival 2013 ini. Menurut beliau, tema sentral acara, “Re-Inviting the Spirit of Culutral Heritage in Southeast Asia” dirasakan sangat relevan sebab kota Solo memiliki warisan yang kaya akan sejarah budaya.
I Gusti Ageng Wesaka Puja dalam sambutannya
Acara makan malam bersama belum dimulai. Kali ini Bapak Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo yang memberikan sambutannya. FX Hadi Rudyatmo menyampaikan kegembiraannya karena Solo terpilih sebagai tuan rumah dalam perhelatan akbar Blogger se-ASEAN ini. Beliau mengharapkan melalui acara ini ke depannya, citra kota Solo bisa terangkat melalui postingan para blogger di blog. Dalam sambutannya, saya mencatat satu hal yang sangat berkesan tentang visi Walikota Surakarta ini, yaitu Waras (healthy), Wasis (well educated), Wareg (prosperity), Mapan (better quality of living), dan Papan (housing).

FX Hadi Rudyatmo
Selain itu ada satu hal lagi bagian sambutan beliau yang tercatat oleh saya yaitu tentang tiga filosofi Jawa; Lamun Sira Pintar Ojo Ngguroni (apabila kamu pandai jangan menggurui), Lamun Sira Banter Ojo Ndhisiki (apabila kamu cepat jangan mendahului), dan Lamun Sira Sekti Ojo Mateni (apabila kamu sakti jangan membunuh). Jika dikaitkan dengan blogger, menurut beliau jika menguasai teknologi, tetaplah rendah hati dan merakyat. Jangan merasa paling pintar sendiri. Setuju!


Selanjutnya Bapak Walikota membuka dengan resmi perhelatan akbar ASEAN Blogger Festival dan mempersilahkan seluruh undangan untuk mencicipi hidangan yang telah disediakan.
Malam itu saya kembali terbayang perut yang mulai lapar akibat perjalanan panjang dari Jakarta – Solo, maka hidangan yang serba lezat seperti nasi liwet, timlo, tengkleng, mi godok, wedang jahe, nasi goreng ijo, dan makanan khas Solo lainnya menjadi alternatif pembuka selera di acara “Welcome Dinner”.



Antrian panjang di meja hidangan. :)


Makan malam menjadi bertambah syahdu dan berkesan karena diiringi oleh alunan musik keroncong dengan tembang-tembang lawasnya. 
Lagu keroncong mengiringi acara makan malam
Sambil menikmati makan malam, para Blogger juga menyempatkan diri untuk saling bertukar informasi. Yang belum berkenalan mengambil momen itu untuk saling mengenal. Mengabadikan momen dalam kamera juga menjadi salah satu kemeriahan acara malam itu. KEB tentu saja tak mau ketinggalan untuk berfoto bersama Bapak Walikota Solo.
Emak-emak Blogger bersama Walikota Solo
Begitulah, "Welcome Dinner" malam itu menandai dibukanya acara ASEAN Blogger Festival 2013 untuk beberapa hari ke depan. Tunggu cerita berikutnya. []


15 komentar:

  1. #Jlebb
    "Lamun Sira Pintar Ojo Ngguroni (apabila kamu pandai jangan menggurui), Lamun Sira Banter Ojo Ndhisiki (apabila kamu cepat jangan mendahului), dan Lamun Sira Sekti Ojo Mateni (apabila kamu sakti jangan membunuh). Jika dikaitkan dengan blogger, jika menguasai teknologi, tetaplah rendah hati dan merakyat. Jangan merasa paling pintar sendiri."
    #JLEBB

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ho oh, jleb banget ya, Mak. :)

      Hapus
  2. Solo...hmmm, pokoknya klu ada acara di Solo pasti tentrem dan ayem deh Mak...Eh, serabinya ko ga keliatan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, banget... eh, pas acara ini aku nggak nemu serabi, kehabisan apa ya? ;)

      Hapus
  3. kereenn mak reportasenya, huaaa....disini ada foto selat solo lagi. aku masih ngilerrr jehhhh hikss...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks, ya... hmm, gara-gara ikut nemani aku balik ke hotel dirimu gak sempat mencicipi selat solo ya, Mak. Maafkeun.... :(

      Hapus
  4. beruntungt sekali bisa hadir di acara aSEN bLogger ini. Salam kenal ya bu. Saya bekasi juga loh hihiehiehiheiheee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mas... sesama Bekasi. Salam kenal kembali ya. :)

      Hapus
    2. Kebetulan orang tua saya di Bekasi, Kranji. SMA saya dulu di SMA Negeri 2 Bekasi tahun 1989. Saat ini saya sekeluarga di Pontianak, Kalimantan Barat. Insya Allah Agustus 2013 ini mau mudik ke Bekasi.

      Hapus
  5. duh, ngiri, deh. Emak2 blogger byk yg ngumpul di sana :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapan-kapan ikutan, dooong. :)

      Hapus
  6. Acara welcome dinner yang bikin iri nih. Jadi ngiler, pengen nimbrung, hahaha... Semoga Asean Blogger yad bunda bisa nyangkut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... iya, Bunda harus ikutan ya. :)

      Hapus
  7. wah keren pada ikutan asena blogger bulan lalu, mantap slidenya pak rudi ya :D
    salam kenal bu, mari ksolo lg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali, Insya Allah kalau ada kesempatan mau dong ke sana lagi. :)

      Hapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...